Tarawih di Masjid, Wajib kah?

- April 24, 2020



Tidak ada yang memungkiri bahwa sholat tarawih adalah rutinitas yang umum di jalankan di bulan puasa ramadhan setiap hari nya. Ya itu lah amalan yang sangat dicintai oleh umat Muslim di saat bulan suci tiba.

Di saat Corona di negeri tercinta ini tak sedikit umat muslim yang ingin melaksanakan tarawih di Masjid,  walaupun pemerintah dan MUI telah menghimbau agar masyarakat melaksanakan sholat tarawih di rumah masing masing.

Lalu wajibkah tarawih di Masjid? Jawaban adalah tidak. Bahkan dalam sejarahnya Rasulullah SAW hanya melakukan sholat tarawih tiga kali di Masjid seumur hidupnya. Dalam suatu riwayat di sebutkan Rasulullah SAW melaksanakan Sholat tarawih bersama para sahabat nya. Namun di hari keempat, setelah sholat isya beliau tak lagi datang ke masjid. Padahal para sahabat telah menunggu beliau, tetiba saja beliau datang dan mengatakan, " sungguh aku khawatir kelak sholat tarawih akan diwajibkan!" beliau pulang dan setelah itu sholat tarawih di rumahnya. Tidak pernah melaksanakannya kembali di masjid.

Sepeninggal Rasulullah Saw, di masa Khalifah Umar Bin Khattab RA, beliau mengajak umat Islam untuk meramaikan masjid dan salah satunya dengan sholat tarawih di masjid kembali dilakukan. Dan setelah itu hal ini menjadi tradisi di setiap bulan suci ramadhan untuk melakukan sholat tarawih di Masjid. Padahal Rasulullah SAW hanya melakukannya hanya tiga hari dalam hidupnya.

Tentu melakukan sholat berjamaah tarawih adalah suatu hal yang luar biasa dan di balas dengan pahala. Dan ternyata, apa yang dikatakan Rasulullah SAW ribuan tahun lalu menjadi kenyataan. Sholat tarawih di Masjid seakan diwajibkan. Namun, sungguh Rasulullah Saw adalah tauladan yang sempurna, beliau hanya melaksanakan tarawih tiga hari dalam hidup nya di Masjid. Tentu lebih elok kita mencontoh beliau, apalagi di tengah Corona, tak layak kita memaksakan sholat tarawih di masjid untuk menghindari dari menginfeksi ataupun terinfeksi virus yang belum memiliki obat ini.

Marilah di bulan suci ini kita perbanyak shalawat untuk Nabi Muhammad SAW sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah SAW. Dan beliau adalah suri tauladan paling sempurna untuk umat islam.


-- Gagas Tri Anggoro
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search