Setelah 86 Tahun, Besok Hagia Sophia Jumatan untuk Pertama Kalinya

- Juli 23, 2020
Jumat (24 Juli 2020) besok, akan menjadi sejarah bagi Hagia Sophia dan warga istanbul, Turki. Sebab mereka akan menjalani shalat jumat pertama, setelah kurang lebih 86 tahun bangunan tersebut difungsikan sebagai museum.

Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa doa pertama, atau shalat pertama akan resmi dibuka di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 untuk shalat Jumat setelah kurang lebih 86 tahun.

"Insya Allah, kita akan melakukan shalat Jumat bersama-sama pada 24 Juli dan membuka kembali Hagia Sophia untuk beribadah," kata Erdogan dalam pidatonya seperti mengutip Hurriyetdailynews.

 "Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, baik itu Muslim dan non-Muslim," lanjutnya.

Seperti diketahui Pengadilan administrasi tertinggi Turki mengeluarkan putusan yang membuka jalan bagi pemerintah untuk mengkonversi ikon Istanbul Hagia Sophia - bekas katedral pernah menjadi masjid, akhirnya lama berfungsi sebagai museum, hingga akhirnya berubah kembali fungsinya menjadi masjid.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search